Wednesday, July 23, 2014

Karakul Lake - Silk Road Part 4



Di sepanjang perjalanan dari Kashgar menuju Taskurgan maupun arah sebaliknya, obyek yang paling indah adalah danau Karakul dan sebuah waduk yang letaknya tidak terlalu jauh dari danau ini. Jika kita datang dari arah Kahsgar, kita akan tiba terlebih dahulu di waduk ini. Kedua tempat ini menjadi Oasis di tengah-tengah gersang dan panasnya terik matahari di kawasan ini.


waduk bukit pasir putih

waduk bukit pasir putih

Karakul lake

Karakul lake

Karakul lake
Karakul lake terletak pada ketinggian 3.600 m dpl persis di samping Karakoram highway, 196 km dari kota Kashgar hampir setengahnya perjalanan kami dari Kashgar ke Tashkurgan karena total jarak tempuh dari Kashgar menuju Tashkurgan adalah 420 km. Jadi anda tidak perlu mengatur perjalanan khusus ke danau yang menakjubkan ini, tetapi anda cukup meminta driver untuk stop dan turun ke pinggir danau, bahkan anda bisa berhenti 2 kali di obyek ini seperti yang kami lakukan yaitu pada saat perjalanan pergi dan saat kembali dari Tashkurgan. Meskipun itu adalah highway anda tidak perlu khawatir karena kendaraan dapat berhenti di beberapa ruas highway yang sengaja dibangun di samping jejak jalan sutera ini. Hal ini disebabkan intensitas kendaraan yang lewat masih sedikit sekali.

Karakoram highway

Karakoram highway membelah pegunungan sekitarnya

Danau ini dikelilingi oleh 3 buah puncak gunung tertinggi yaitu Muztagh Ata (7.546 m dpl) merupakan gunung tertinggi kedua di kawasan Tibet, Kongur Tagh(7.649 m dpl) merupakan puncak tertinggi dari Kunlun shan dan terakhir Kongur Tiube (7.530 m dpl). Pemandangannya sangat menakjubkan dengan puncak-puncak gunung es abadi di sepanjang tahun. Jika anda ingin bermalam di pinggir danau juga, di sana tersedia rumah-rumah mirip tenda mongol milik penduduk lokal.

rumah mirip tenda mongol disewakan

warung di dekat waduk

pemakaman warga lokal

sumber mata air yang langka

bukit merah
Untuk perjalanan ini saya hanya menghabiskan total biaya 390 Yuan atau setara Rp750. 000 jika mengikuti kurs saat ini. Biaya ini sudah termasuk makan di sepanjang perjalanan, menginap semalam di Tashkurgan dan biaya transportasi pulang pergi. Saran saya saat anda kembali ke Kashgar, anda lebih baik tetap tinggal di Youth International Hostel, karena itu adalah tempat berkumpulnya para backpacker dari mancanegara. Jadi mudah bagi kita untuk melakukan perjalanan ke beberapa obyek di sekitar Kashgar dengan sharing cost.



(................bersambung )

http://johntravelonearth.blogspot.com/2014/07/kashgar-silk-road-part-1.html

http://johntravelonearth.blogspot.com/2014/07/kashgar-silk-road-part-2.html

http://johntravelonearth.blogspot.com/2014/07/khunjerab-pass-silk-road-part-3.html

http://johntravelonearth.blogspot.com/2014/08/shiptons-arch-worlds-highest-arch-silk.html

http://johntravelonearth.blogspot.com/2014/08/taklamakan-desert-silk-road-part-6.html


   

No comments:

Post a Comment