Thursday, July 10, 2014

From Strahan To Hobart - Explore Tasmania Part 3

Berangkat dari Tullah, kami langsung memacu kecepatan kendaraan untuk mengejar waktu Check in di 'Strahan Backpacker Hostel'. Memasuki Strahan, sebuah kota nelayan dekat teluk hari sudah gelap. Tiba di hostelnya tepat pukul 19.55 padahal batas terakhir check in time adalah pukul 20.00. Staffnya sambil menebar senyum bilang begini " last minute you come, otherwise we are preparing to close". Kelihatannya dia memang berkata apa adanya karena ketika kami masuk ke dalam ruangan yang kurang lebih hanya 2m x 3m itu, kami melihat dia sedang merapikan meja. Siap-siap untuk pulang. Benar-benar bersyukur kami masih bisa mendapatkannya kalau tidak kami terpaksa bermalam di dalam mobil.

Malam itu kami dinner Fish & Chips di sebuah restoran dekat dermaga di bibir teluk. Setelah seharian kami hanya memakan roti dan pisang. Dan kami ditempatkan di sebuah rumah kayu, lumayan asyik sih karena mobil yang kami sewa bisa langsung diparkir di depan rumah. Hujan turun lebat sekali semalam suntuk, malahan enak buat tidur sebenarnya.

Strahan Backpacker Hostel

Bangun pagi kami langsung meluncur ke Ocean Beach yang berada di sisi kanan teluk atau kota Strahan. Udaranya sangat bersih dan segar dan bisa dipastikan tidak ada polusi sama sekali. Langit masih betah saja dengan berpelukan awan-awan tebal, sedikit begerimis pagi itu. Hmm.... hilang sudah sebuah harapan besar untuk menyaksikan matahari terbit di belahan selatan muka bumi ini. Apa mau dikata, cuaca memang lagi kurang bersahabat pada perjalanan kali ini. Saya berusaha menikmati alam sekitarnya dengan menghirup udara segar sedalam-dalamnya.

Ocean Beach

Sekitar satu jam kemudian kami kembali ke hostel, check out dan kembali mengeksplor sisi kirinya teluk itu sebelum kami melanjutkan perjalanan menuju Lake Burbury dan St Clair lake. Di sepanjang jalan dari Strahan menuju St Clair, maupun dari St Clair menuju kota Hobart, pemandangannya excellent, luar biasa indahnya dan didukung oleh cuaca yang cerah, sinar matahari yang bersahabat, langit biru berawan, udara yang segar, benar-benar ini sebuah bonus bagi kami di hari terakhir kami menjelajah Tasmania. Kami banyak berhenti di pinggir jalan untuk mengambil foto maupun sekedar menikmati alam sekitarnya.

Train Station di Strahan

Strahan

hujan turun saat meninggalkan Strahan

hujan mulai reda namun langit masih mendung

view di sepanjang jalan dari Strahan menuju St. Clair Lake

Lake Burbury

St. Clair Lake

Selepas St. Clair lake langit cerah berawan

Amazing view

Narsis

Saat kami tiba di Hobart hari sudah agak sore. Waktu setempat sudah menunjukkan pukul 18.00 meleset jauh dari perencanaan kami. Sehingga dengan berat hati kami harus membatalkan rencana kunjungan ke beberapa obyek utama di Hobart dan sekitarnya yang sebenarnya sudah masuk dalam itinerary kami. Tiba di Hobart International Airport kami langsung mengembalikan mobil kepada perusahaan Avis dan mengakhiri petualangan kami di Tasmania,  dengan terbang bersama Jet star kembali ke Melbourne. Sungguh sebuah perjalanan yang menantang sekaligus menyenangkan.

Kota Hobart

Menuju Airport

Hobart International Airport

Saya berharap one day saya bisa kembali lagi untuk menjelajah garis pantai timurnya atau East Coast. Tentu kali ini saya akan memilih rute sebaliknya yaitu memulainya dari Hobart dan berakhir di Launceston. Sebagai penutup saya ingin berbagi dengan anda bahwa mengemudi di Australia maupun Tasmania wajib menaati semua rambu dan peraturan lalu lintas termasuk speed jika anda tidak ingin ditilang. Surat tilang tentu dan pasti bukan dikirim kepada anda melainkan kepada perusahaan rental dan saat itu mungkin anda sudah kembali ke rumah. Tetapi jangan lupa jika mereka masih memegang data kartu kredit kita sehingga mereka akan mendebet tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Dan kita juga tidak boleh memarkir mobil sembarangan, perhatikan sign board yang ada di pinggir jalan atau tempat parkir. Di situ tertulis parkirnya gratis atau bayar. Jika gratis, perhatikan lagi waktunya dari pukul berapa hingga berapa, lalu berapa jam anda boleh memarkirkan di sana.

( End )

1. Adakah tur lokal dari sini ? Mungkin gak backpacker-an dengan naik bus dari 1 kota ke kota lain ? Thks untuk sharing dan infonya.

1. Tur lokal di Hobart dan Launceston harusnya ada ya. Coba lihat di www.hobarttours.com.au. Backpackeran dengan naik bus dari 1 kota ke kota yang lain saya rasa bisa saja.untuk kota seperti Hobart dan launceston mungkin ada bus setiap hari tapi untuk kota kecil maupun desa-desa, anda lebih baik pastikan dulu jadwal busnya, bisa jadi 2 hari sekali karena penduduknya sangat jarang. Namun untuk ke Dove lake, st,Clair Lake, Cradle mountain dll, sepertinya tidak ada bus umum.