Wednesday, January 28, 2015

Avatar Mountain - Zhangjiajie National Forest Park ( Part 2 )



Kami telat 2 jam tiba di homestay dari rencana semula. Sebenarnya sudah sangat lapar, tetapi karena saking 'exciting' dengan pemandangannya, sehingga seketika semua orang sudah lupa akan hal ini. Sambil menunggu kokinya menyiapkan makan siang, saya langsung mengatur pembagian kamar biar teman-teman bisa beristirahat sebentar. Saat makan, sesuai apa yang saya perkirakan sebelumnya bahwa masakan Hunan yang juga bercita rasa pedas itu bisa diterima dengan baik oleh setiap anggota. Jadi saat semua kawan memakan dengan lahap tentu bukan karena cuaca dingin dan kelaparan sehingga semua makanan terasa enak, tetapi lebih karena citarasa masakannya benar-benar ok.
Sebelum datang ke tempat ini saya sudah mensosialisasikan kepada teman-teman saya bahwa tidak ada restoran halal di tempat ini karena kami menginap di gunung, bukan di kota. Namun saya akan mencoba berbicara dengan pihak homestay jika mereka bersedia membeli peralatan masak memasak yang baru, apakah hal ini bisa diterima oleh teman- teman saya yang semuanya muslim. Setelah kami sepakat dengan solusi ini barulah saya mulai merencanakan perjalanan ini. Namun pada waktu sedang makan malam, teman saya Isti tidak memakan masakan daging ayam yang telah disiapkan. Saya penasaran dan terus berusaha untuk meyakinkan dia bahwa itu daging ayam, halal. Yaah.. belakangan saya baru mengerti bahwa menurut hukum islam, hewan itu halal jika pemotongannya sesuai cara Islam.



ini meja makan buat teman-teman saya





saya diajak makan bersama dengan keluarga Wang, pemilik rumah dari suku Tujia


pohon buah pear di depan dan belakang rumah


buah pear yang sudah matang berwarna coklat



menu sarapan berupa mie, mantou, telur rebus, bubur dan acar
Sore harinya kami explore di Tianzhishan, sekitar 1 km dari homestay. Pemandangannya mantap dengan langit yang cerah. Namun saat kami ingin turun ke spot yang bernama Shentangwan hujan turun tiba-tiba, dan kami terpaksa lari berhamburan menuju homestay, yang letaknya tidak jauh dari tempat itu. Taman nasional ini memiliki luas 397.5 km2 dan merupakan situs warisan budaya dunia di bawah UNESCO, sekaligus Global Geopark.









Pada hari ke2 ternyata kami tidak seberuntung hari sebelumnya, sejak pagi kabut sudah turun sangat tebal dan menyelimuti seluruh kawasan pegunungan. Jarak pandang sangat pendek, lalu dibarengi hujan hingga sore. Praktis di hari ke2 ini kami hanya bisa diam di homestay. Agak kesal memang, tetapi apa mau dikata karena perubahan cuaca benar-benar di luar kendali kita. Beruntung teman-teman saya pada betah tinggal di homestay. Karena bangunan rumah, yang terbuat dari kayu ini tergolong masih baru. Kamarnya nyaman, makanannya enak dan perlu dicatat bahwa kami diperlakukan sangat spesial. Namun karena cuaca buruk, dengan berat hati kami terpaksa skip beberapa spot keren yang seharusnya kami 'explore' di hari ke2 ini.


















Bulan September ternyata adalah masa peralihan dari Summer ke Autumn, curah hujannya tinggi. Trip saya yang sebelumnya adalah akhir Agustus, keadaannya jauh lebih baik. Berikut ini adalah foto-foto dari spot-spot yang saya ambil pada kunjungan sebelumnya.


































Pada hari ke3, setelah sarapan kami bergegas menuju beberapa spot utama, meskipun harus memakai jas hujan. Untung saat kami tiba di sana, hujan mulai reda walaupun sesekali masih gerimis. Sebelum pukul 12 siang kami harus segera kembali ke homestay karena kami harus segera turun gunung untuk mengejar kereta menuju Liuzhou, sebuah kota kecil bertetanggaan dengan Guilin.












World's number 1 natural bridge





pilar ini yang dipakai dalam film Avatar sebagai Floating Mountain

 
Saat turun dari Tianzhishan, kami memilih menggunakan kereta gantung. Di luar dugaan, justru itu merupakan momen yang paling berkesan. Saat itu pula kami merasakan seperti berada di dalam film Avatar, terbang di antara pilar-pilar batu, menembus kabut yang tebal. So Amazing, dan momen seperti ini tidak saya peroleh pada trip sebelumnya, karena saat itu tidak ada kabut yang mendramatisir seluruh kawasan seperti ini. Jadi meskipun mereka kehilangan banyak spot yang spektakuler tetapi tergantikan dengan suguhan ending trip yang luar biasa.








foto : Isti Anggraini


foto : Isti Anggraini
Turun dari kereta gantung, kami harus menumpang shuttle bus menuju gerbang utama di kaki gunung. Gerbang ini bernama Wulingyuan dan terletak di Wulingyuan Scenic Area, bukan kota Zhangjiajie sebagaimana pada saat kami datang. Jadi bisa anda bayangkan betapa luasnya Taman Nasional ini.




Untuk kembali ke stasiun di Zhangjiajie kami mencarter sebuah mobil dari depan gerbang Wulingyuan, dan perjalanan akan memakan waktu kurang lebih 1 jam. Tiba di stasiun, kami bergegas makan dulu di McD. Waktunya pas-pasan, hanya berselang 1 jam kemudian setelah kami masuk ke dalam ruang tunggu, kereta menuju Liuzhou diberangkatkan. ( tunggu cerita pengalaman kami 'explore' Yangshuo pada tulisan berikutnya)


stasiun Zhangjiajie


Catatan tambahan :
  • Jika anda datang seorang diri, anda bisa naik bus dari terminal di samping stasiun menuju Zhangjiajie National Forest Park dengan hanya membayar 10 Yuan, atau langsung ke Wulingyuan jika anda ingin masuk dengan menggunakan kereta gantung.
  • Harga tiket masuk ke Taman Nasional ini adalah 245 Yuan. Karcis masuk ini berlaku untuk 2 hari atau 2 kali masuk. Ini untuk memudahkan bagi mereka yang menginap di tengah kota, bisa masuk lagi pada hari berikutnya. Namun jika anda menginap di homestay atau rumah penduduk di gunung seperti yang kami lakukan, tentu tidak ada batasan waktu selama anda tidak keluar dari kawasan itu. 
  • Untuk menuju pemukiman atau spot-spot di atas gunung, ada 3 cara yaitu : trekking, naik kereta gantung, dan menggunakan lift. Tentu cara ke2 dan ke3 anda harus membayar. Harga tiket kereta gantung 67 Yuan, sedangkan untuk sky lift harga tiketnya adalah 72 Yuan.
  • Sebenarnya ada kereta cepat dari Guangzhou menuju Changsha, ibu kota propinsi Hunan dan hanya memakan waktu 3,5 jam. Namun setelah dihitung-hitung, dari Changsha kami harus naik bus menuju Zhangjiajie, lalu menginap semalam. Biaya perjalanannya menjadi lebih mahal.
  • Pemandangan di Taman Nasional ini memiliki keindahan yang berbeda dari musim ke musim. Jika anda ingin menyaksikan pemandangan surga dengan gumpalan awan berseliweran di antara pilar-pilar, datanglah pada musim panas. Pemandangan seperti itu hanya bisa dilihat usai hujan lebat di musim panas.

34 comments:

  1. jophn minta rekomendasi homestaymu dan gbuidemu yang jempout kamu di ZJJ dan mhn wa ke oten 081382360779 agar bisa komunikasi or tanay2

    ReplyDelete
  2. Pak Oten, nama homestaynya Tian Yuan Ke Zhan hanya beberapa ratus meter dari Tian Zi Shan telp +8615174447705 pemiliknya Xiao Wang. Teman orang lokal yang menjemput kami di stasiun namanya Xiao Zhong no hp +8615074440916. Namun kedua orang ini tidak bisa berbahasa Inggris.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi. thnks tapi bagaimana mesannya klu tdk bisa bhasa inggris

      Delete
    2. Cara hub xiao zhong gmn ya?. Wechat ngk bisa add. WA juga ngk ada. Ko John gmn hub xioao zhong? Mohon bantuan info
      . Makasih

      Delete
  3. hai klu aku mau ke ZJJ dimana info nya Wulingyuan covers three natural reserves
    – Zhangjiajie,
    - Tianzi Shan
    - Suoxi Yu
    dimana detilnya sbb
    1.Zhangjiajie National Forest Park
    Including:
    - Huangshizhai
    -Golden whip stream
    -Yaozizhai
    -Yuanjiajie – Xianrenqiao (dekat kota Wu LingYuan)
    - Yuanjiajie - Kongzhongtianyuan
    2.Tianzi Mountain(Tianzishan)
    - Tianzishan-Yubifeng
    .3.Huanglongdong(Yellow Dragon Cave)
    4.Baofenghu(Baofeng Lake) dekat kota Wu LingYuan
    5.Nonton Folk Custom Grand Theatre(Zhangjiajie Western Charm Grand Theatre. enaknya nginap dikota mana dimana? or wa ke aku 081382360779 agar bisa tanay bozz thnks

    ReplyDelete
  4. Hi john... Awal bulan mei saya mo ke zhangjiajie bole recommed in guide lokal nya gak bs bhs inggris..? Rate nya brp yah..qlo cuma pergi 2 org apakah dia mau jd guide...?mohon infonya...tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awal Mei biasa lebih mahal karena tanggal 1 Mei mereka juga merayakan hari buruh dan termasuk peak season. Umumnya biaya guide antara 150 hingga 200yuan per rombongan per hari tentu ini tidak termasuk transport antar jemput dari stasiun atau hotel mebuju taman nasional. 2 orang harusnya gak masalah.Guidenya yang saya kenal tidak bisa berbahasa Inggris tp punya lisence. Saya bisa bantu nanyain jika anda sdh punya jadwal yang fix. tanggal 30 April hingga 3 Mei dia sdh dibook oleh pembaca saya yang lain, mereka ber9.

      Delete
  5. Mau tnya pak.. kalau bulan july ke zzj gmn dg kondisi cuaca? Apa curah hujan tinggi? Ada yg bilang ke zzj baikny bln oktober, tp khwtr, berkabut hingga tak bs nikmati pemandangannya... mksi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Hendra,
      bulan Juni s/d Agustus adalah summer dengan curah hujan yang tinggi. Namun justru pemandangan setelah hujan itu sangat menakjubkan, awan bergumpal-gumpal dan pemandangan jelas bersih dari kabut. Para fotografer prof sengaja standby berhari-hari di atas untuk menunggu momen ini. Bln Oktober sdh masuk musim gugur, langit cenderung berkabut.

      Jadi setiap waktu ada plus minus. Winter juga bagus dan viewnya menjadi sangat berbeda pas turun salju, hanya sayang di ZJJ winter tidak selalu ada salju.

      Semoga penjelasan ini membantu.

      John

      Delete
  6. Makasi Pak John, berhubung kami dr batam ambil tour via singapore, maklum tourwaktu terbatas. Ujung ujungnya sih... gak mo rugi.. ha..ha..
    Tkut ntar sampai di zzj kena hujan, gk bs ngapa ngapain :(

    Kalo periode july ini di china rekomen kemana ya? Maaf ya agak kebawelan.. hiks..

    terima kasih banyak sekali lagi.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau main di alam memang resikonya hujan dan badai. Mungkin anda bisa coba menjelajah daerah perkotaan atau situs2 sejarah seperti yang ada di kota Xian dan Beijing. Jadi kalaupun hujan anda masih ada pilihan, tidak mati gaya.

      Atau mungkin anda bisa request ke China bagian barat yang termasuk jalur Sutera yang mana curah hujan rendah seperti propinsi Xinjiang ( baca: Kashgar http://johntravelonearth.blogspot.co.id/2014/07/kashgar-silk-road-part-1.html dan bbrp bagian yang lain) atau propinsi Gansu ( baca Ganjia dan bbrp bagian yang lain )

      Delete
  7. Hi Pak John, tanya donk...kalo Zhangjiajie National Park ini satu area ga dengan Bailong Elevator dan Grand Canyon (Skywalk Glass) jembatan kaca yang membentang di antara gunung tersebut ya?
    Makasih Pak John.. salam kenal... (Phink)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Phink,
      Bailong elevator berada di dalam Zhangjiajie National Forest Park. Begitu kita masuk gerbang ZJJ national forest Park, kita bisa milih naik dengan cable car (76Yuan), bailong elevator(72yuan) atau trekking. Akses Wulingyuan untuk sementara tidak bisa dilewati karena sedang dikonstruksi ulang jalur cable carnya.

      Skywalk Glass yang ada di Grand Canyon akan diresmikan tanggal 1 Mei 2016, grand opening. Letaknya sekitar 1 jam dengan mobil dari ZJJ national park.

      Semoga informasi ini membantu.

      Delete
  8. Hai John,
    Saya dan keluarga (8orang) rencananya mau ke ZJJ bulan Juni besok. Pilihan saat ini kereta cepat ke Changsha dari Guangzhou. Dikarenakan kami ber8, kami berencana untuk sewa mobil. Apakah ada kenalan untuk sewa mobil dari Changsha ke ZJJ? Atau apakah ada opsi lain?
    Untuk kereta langsung Guangzhou ke ZJJ sepertinya tidak sesuai bagi kami karena kami membawa orang tua.
    Untuk tur guide, apakah ada kenalan yang bisa bahasa inggris?
    Untuk di area ZJJ, klo kita tinggal di Wulingyuan, apakah perlu sewa mobil untuk perpindahan kesehariannya?
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Veronica,
      sorry baru bales. baru kembali dari ngetrip. Saya pribadi lebih memilih kereta biasa tp yang sleeper dari Guangzhou langsung ke ZJJ ketimbang naik kereta cepat ke Changsha. Karena setiba di Changsha harus transit lagi menuju ZJJ dan hrs nginep semalam di kota ZJJ krn waktunya sdh tanggung untuk masuk ke ZJJ National Forest Park.

      Jika anda memilih kereta cepat ke Changsha, selain sewa mobil untuk transit ke kota ZJJ, bisa juga dgn naik kereta. Jadwal kereta bisa anda cek di www.chinatrainguide.com

      Di Changsha saya tidak punya kenalan driver. Saran saya anda minta hotel di Wulingyuan untuk jemput di Changsha krn kalian berjumlah 8 org harusnya pihak hotel mau menjemput. Mungkin ada charges tp masih lebih aman dibanding anda mencari sendiri di Changsha.

      Guide yang berbahasa Inggris saya tidak kenal, mungkin pihak hotel bisa membantu.

      Soal sewa mobil di ZJJ sangat tergantung aktifitasnya. Di dalam National Park mobil tidak bisa masuk, namun sdh tersedia free shuttle di atas dari satu spot ke spot yang lain.

      Jika aktifitas anda lbh banyak di dalam national park sewa mobil tentu mubazir. Jika tinggalnya di Wulingyuan sebaiknya masuk dan keluar national park via cable car yg di Tianzhishan atau Bailong lift, kedua akses ini berada di Wulingyuan. Sehingga jika anda tidak sewa mobil pun tinggal naik 2 taksi menuju hotel.

      Semoga penjelasan ini dapat membantu anda dalam perencanaan.


      salam
      John

      Delete
  9. Mr.john sorry have u ever go to zhangjiajie at the end of december? Can tell me the condition at there thanks before

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi,
      End of December is winter time in Zhangjiajie. Although located in southern of China but sometime the winter here snowy, especially on 2014 and 2015 had a very heavy snow, but the nature became so fantastic and sparkling.

      Delete
  10. pak john boleh minta nomer wa atau sms mau tanya soal zhangjiajie.trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Rafael,

      Maaf, anda mungkin bisa bertanya dulu di forum ini, atau follow IG saya John_dage, nanti saya jawab.

      Terima kasih

      Delete
  11. hallo pak jhon, kalau boleh tau bpk ke zhangjiajie nya bulan brp ya? di post bpk ada tulisan januari 2015, saya ke sana januari 2015 dan cuaca berbeda dengan yang ada di foto, kabut tebal dan dingin sehingga saat sampai diatas saya hanya bisa liat kabut tebal putih, sehingga saya bertekad untuk kesana lagi suatu hari :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo B.C.D,
      Sorry baru kembali dari Papua, saya explore Zhanjiajie 2 kali di akhir Agustus dan akhir September. Waktu terbaik untuk mengunjungi taman nasional ini sebenarnya summer antara Juni hingga Agustus meskipun curah hujan tinggi.

      Karena curah hujan tinggi mampu mengatasi penguapan air dari dasar yang selalu membuat pemandangan di atas terlihat kabur dan berkabut. Sehingga setelah hujan lebat langit menjadi clear dan awan bergumpal-gumpal, dan momen seperti ini hanya bisa didapati pd musim panas dan banyak fotografer menunggu di sana hanya untuk moment seperti ini.

      Semoga informasi ini berguna bagi trip anda selanjutnya.

      Salam menjelajah
      John

      Delete
  12. Hi pk jhon.sy dan suami rencana ke zjj juni nanti. Bs minta info lbh byk ttg homestay yg anda nginap d dlm taman nasional zhangjiajie, cara mengaksesnya, sulit gk cariya. Dpt info d web backpackers:homestay2 d dlm sdh digusur semua...apa begitu? Sy bs bc mandarin. Sary WA 08113443805. Thx sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi,

      informasi yang anda peroleh dari web lain tidak sepenuhnya benar. Untuk penginapan seperti villa dan sejenis sudah dibongkar beberapa tahun yang lalu karena sebuah taman nasional memang tidak dibenarkan ada penghunian.

      Namun bagi penduduk asli yang sudah hidup turun temurun di dalam gunung ini memang masih menjadi polemik tentang kebijakan pemerintah untuk merelokasi mereka ke tempat lain.

      Hal ini mungkin masih membutuhkan proses panjang, paling tidak perlu 4 hingga 5 tahun ke depan.

      Jika anda bisa berbahasa Mandarin, tidak masalah saya akan memberikan no telpon pemilik rumah di atas gunung itu, karena cara satu-satunya berkomunikasi dengan mereka hanya lewat telpon atau wechat. Mereka suku minoritas, lokasi homestaynya dekat dengan spot shen tang wan, kawasan Tian zhi shan.

      Salam menjelajah

      John

      Delete
  13. Minta wechat pemilik homestay pk.thx

    ReplyDelete
  14. Hi, Pak John, salam kenal. Saya mau nanya nih mama saya sudah membayar paket tur ke ZJJ untuk akhir okt ini. Akan tetapi minggu kemarin kaki mama terkilir,sesudah dicek ada sedikit pengapuran di kaki. Dokter gak melarang untk pergi cuma disarankan bawa alat bantu seperti tongkat gt. Nah sekarang mama kuatir karena ada info di ZJJ perjalanannya sulit, banyak jalan kaki terutama naik turun gunung. Akan tetapi ada yang mengatakan disn ada lift dan jasa tandu jika tidak sanggup jalan. Menurut Pak John yang sudah kesana gimana ya? Mohon sarannya, Pak. Terimakasih. Nama Saya Nelly,Pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Nelly,
      akhir oktober masih ada 2 waktu 2 bulan ya, semoga lekas sembuh kaki mamanya. Well, ke Zhangjiajie kalau ikut tur harus tidak terlalu sulit karena perusahaan tur biasanya hanya membawa ke spot utama yang tidak terlalu jauh dari tempat parkir, beda dengan kami yang mengeksplor sendiri tentu berusaha semua sudut dari gunung itu didatangi.

      Saya tidak tahu isi paket turnya, tapi umumnya seperti itu. Seandainya beberapa spot yang agak jauh juga didatangi, bisa milih istirahat saja di tempat terdekat atau menggunakan jasa tandu, namun perlu diperhitungkan juga bahwa dengan duduk di atas tandu sebenarnya sangat tidak nyaman karena ayunannya bikin mabok.

      Mengenai lift atau kereta gantung, saya rasa itu sudah termasuk dalam paket tur, karena 2 fasilitas ini adalah akses naik turun gunung di luar pengunjung yang memilih mendaki tangga beton dari bawah.

      Semoga informasi ini berguna.

      Salam

      John

      Delete
  15. Pak John, boleh minta ID Wechat homestay dan ID Wechat Xiao Zhong?. Thank

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru sempat balas, krn kesibukan lama tidak aktif di blog. hub saya via IG john-dage, saya usahakan balas secepatnya. Salam menjelajah

      Delete
  16. salam kenal pak john
    saya novi dari indonesia
    saya boleh minta sarannya untuk 3hari 2malam kemana aja di zjj?
    rencana saya berangkat dari shanghai ke zjj
    tapi saya bingung disananya takud banyak orang yang menipu berkaitan saya baca beberapa blog orang.saya pergi ber 4 bersama keluarga.
    rencana saya mengunjungi
    1. tian men mountain / glass bridge
    2.tian men caves
    3.puncak yuan jia jie
    4.bao feng lake
    dan pegunungan avatar itu.
    bioleh kah anda membantu saya untuk info?
    karena saya pergi ke sini dengan sistem backpacker tapi masi bingung dengan wilayan zjj.
    kalau bole dibantu untuk kenalan tour lokal, alangkah senangnya dan terima kasih sebelumnya
    oh ya saya pergi rencana 15jumi/16 juni -17/18 juni 2018
    terimakasih sebelumnya
    kalau anda berkenan saya mau mintya no wa anda untuk lebih mudah bertanya-tanya
    terimakasih saya novi dari indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya saya pake account kaka saya yang bernama willyanto

      Delete
    2. maaf baru sempat balas, karena kesibukan saya sudah agak lama tidak aktif di blog, gak sempat nulis2. tp jika anda ingin tanya2 ttg Avatar bisa hub saya melalui IG john_dage, akan saya usahakan balas secepatnya. Salam menjelajah, terima kasih

      Delete
  17. Sorry mau nanya apa di zhangjajie ke Wulingyuan transportasinya bagus ? Perlu kah kita menyewa mobil ? Dan guide ?

    ReplyDelete
  18. Halo, mau tanya utk beli tiket zjj national park, glass bridge/grand canyon & tianmen shan apakah bisa beli langsung di loketnya atau hrs beli online? Trims

    ReplyDelete