Thursday, March 26, 2015

Guangzhou - Part 2



South Station " Nan Zhan "
Selain South Station yang merupakan stasiun terbaru dan termodern, di Guangzhou ada 2 stasiun lain yaitu Guangzhou Station dan Guangzhou East Station. Namun untuk bullet train saat ini masih terbatas di Guangzhou South Station. Kereta cepat menuju Shenzhen juga diberangkatkan dari stasiun ini.

Pertama kali mengunjungi stasiun ini, seakan tidak percaya bahwa bangunan ini adalah sebuah stasiun. Eskalator yang tinggi dengan hall yang luas di lantai dasar, membuat stasiun ini tidak kelihatan seperti sebuah stasiun. Belum lagi keadaan ruang tunggunya yang nyaman, bisa dikatakan jauh lebih megah jika dibandingkan dengan bandara internasional kita. Termasuk security check saat mau masuk ke dalam ruang tunggu, maupun proses boarding, sudah menggunakan methode persis seperti apa yang diterapkan di airport. Sangat keren bukan ? hmm….atau mungkinkah saya ini yang masih kampungan karena sudah terbiasa melihat stasiun-stasiun kusam di negeri kita sendiri. Padahal mungkin di semua negara maju sistem perkereta-apian memang sudah begitu hebat. 



Guangzhou Pearl River New City
Setelah Guangzhou ditetapkan sebagai penyelenggara Asian Games ke XVI 8 tahun yang lalu, pemerintah China secara berkala terus menerus membenahi kota Guangzhou termasuk pembangunan kawasan baru di tepi Sungai Mutiara yang sering disebut sebagai Guangzhou Pearl River New City.
Kawasan baru ini juga disebut sebagai Guangzhou New Business & Culture District. Di dalam kawasan ini sudah berdiri gedung-gedung pencakar langit, perhotelan bintang 5, gedung perkantoran, shopping center, termasuk di antaranya Guangzhou Opera House dan Canton Tower. Kawasan ini sempat menjadi pusat perhatian saat acara akbar pembukaan Asian Games ke 16 yang diselenggarakan di Guangzhou pada tahun 2010, disiarkan secara langsung dan ditonton oleh dunia, karena lokasi pembukaan Asian Games tepat berada di tengah Sungai Mutiara, kawasan New City ini.
















Pada Asian Games ke XVIII yang akan diselenggarakan di Jakarta pada tahun 2018, mampukah kita juga memanfaatkan momen ini untuk memperkenalkan wajah baru kota Jakarta lewat siaran langsung yang akan ditayangkan oleh stasiun televisi kepada dunia.

Untuk mencapai kawasan ini, Naik MRT line 3 atau line 5 dan turun di station Zhujiangxincheng.


Tianhecheng
Tianhecheng adalah shopping mall yang cukup populer di kota Guangzhou. Banyak outlet Produk branded bisa ditemukan di sini. Jika Shangxiajiu adalah tempat menjual barang- barang murah, Beijing Road tempat outlet bermerk lokal, maka Tianhecheng bisa dikatakan tempat belanja untuk kalangan atas dengan outlet-outlet merk papan atas dunia.






IKEA dan pusat komputer Tianhe letaknya juga berdekatan dengan mall ini.

Transportasi : MRT line 1 dan 3, turun di station Tiyuxilu.

Catalpa Garden Youth Hostel tempat kami menginap lokasinya sangat strategis, hanya sekitar 100 meter dari station Yangji. Pergi ke Tianhecheng hanya 1 station, pergi ke New City hanya 2 station, ke Beijing Road hanya 4 station, dan ke masjid Huaisheng 5 station. Catalpa Garden Youth Hostel http://www.yhachina.com/ls.php?id=325&hostID=2



Trekking Baiyunshan
Gunung Baiyunshan dengan ketinggian hanya 382m dpl, dikelola lebih mirip sebuah taman rekreasi. Namun jika kita berjalan lebih jauh ke dalam dan ke atas, meninggalkan area bermain dan keramaian, ada sisi natural yang bisa kita temukan di gunung ini. Bahkan kita bisa menikmati view kota Guangzhou dari atas bukit.












































Untuk mencapai tempat ini, kita bisa menggunakan MRT line 2, turun di station Baiyun Park atau Baiyun Culture Square dan cari exit terdekat menuju gerbang Baiyunshan.


Secara kesuluruhan, kota Guangzhou cukup menyenangkan. Selain tempat-tempat di atas, kami juga blusukan ke Beijing Road dan pasar tradisional dekat hostel. Jika anda memiliki waktu yang cukup dan juga suka dengan taman, maka mengunjungi taman kota sambil menyaksikan para lansia bersenam Taichi bisa menjadi sebuah pilihan, karena Guangzhou banyak memiliki taman kota, di antaranya Yuexiu Park yang lumayan luas itu sangat ideal untuk dijelajahi.
Namun sebagai kota besar, Guangzhou juga memiliki masalah sosial yang pelik seperti kota-kota besar lainnya. Masalah urbanisasi, penggangguran, bahkan pengemis. Jika kita masuk ke pemukiman lokal, dengan mudah kita temukan ketimpangan dan kaum papa.































Jika anda seorang katolik, anda bisa mengunjungi Sacred Heart Cathedral atau gereja Stone House yang terletak di jalan Yidelu. Jadwal misa Sabtu pukul 19.00 ( bahasa Mandarin ), Minggu pukul 07.00 ( bahasa Cantonese ), Minggu pukul 15.00 ( bahasa Inggris ).






MRT menuju New Baiyun Airport berada di line 3, lebih baik berangkat lebih awal karena jika anda naik melalui line lain, butuh waktu yang cukup lama buat transit karena padatnya penumpang terlebih pada jam-jam pulang kerja.

Perjalanan selama 10 hari di China + 1 hari wisata kuliner saat transit di Singapore ini benar-benar murah dan sangat berkesan. Tidak mengambil untung apapun, murni sebuah pelayanan buat teman-teman. Teman-teman yang berangkat bersama saya langsung bertanya " Next trip ke mana lagi John, saya ikut ". Teman yang berada di Jakarta langsung mengirim pesan singkat " John, book tempat ini ya buat tahun depan ". Padahal, saya sebenarnya sudah berniat stop berkelana untuk beberapa waktu.



End.

Yangshuo Part 1
http://johntravelonearth.blogspot.com/2015/02/yangshuo-part-1.html

Yangshuo Part 2
http://johntravelonearth.blogspot.com/2015/02/yangshuo-part-2.html

Avatar Mountain Part 1
http://johntravelonearth.blogspot.com/2015/01/avatar-mountain-zhangjiajie-forest_28.html

Avatar Mountain Part 2
http://johntravelonearth.blogspot.com/2015/01/avatar-mountain-zhangjiajie-forest.html





No comments:

Post a Comment