Saturday, May 30, 2015

Nusa Penida Island - The Hidden Paradise In Bali

Apakah anda pernah ke Bali ? Saya yakin pasti banyak di antara anda menjawab ya pernah. Tetapi tahukah anda sebuah pulau kecil nan eksotik tidak jauh dari pantai Sanur bernama Nusa Penida ? Belum tentu. Di sinilah kadang saya merasa sedih.
Pulau ini memang bukan baru ditemukan, mungkin anda juga sudah sering mendengarnya. Tetapi tidak banyak yang tahu kedahsyatan alam yang dimiliki pulau satu ini. Saya sendiri sampai tidak berhenti berpikir, dan bertanya-tanya mengapa pulau yang berpotensi wisata kelas dunia seperti ini " ditelantarkan ". Ironisnya pulau ini hanya berjarak 1 jam dari pusat magnet wisata dunia, yaitu Bali.
Dengan kondisi alam seperti ini, seharusnya masyarakat Nusa Penida bukan hanya bisa menjadi penonton, juga bukan hanya menjadi petani rumput laut. Tetapi entahlah salahnya di mana sehingga membuat nasib Nusa Penida jauh tertinggal dari pulau utamanya, Bali. Padahal secara geografis pulau ini letaknya sangatlah strategis, berpotensi dan memiliki karakteristik alam yang sama sekali berbeda dengan Bali, bahkan untuk keindahannya saya berani katakan kepada anda ini jauh lebih baik.

kebanyakan masyarakat Nusa Penida adalah petani rumput laut
Bermula dari sebuah foto yang saya lihat di akun teman saya, saya langsung merencanakan eksplorasi pertama pada bulan Agustus tahun 2013. Meski tidak banyak yang bisa saya lakukan pada saat itu karena hanya sekitar 5 jam saya berada di atas pulau, namun saya langsung jatuh cinta pada alamnya yang super dahsyat dan masih perawan ini. Saya berjanji pada diri saya bahwa saya harus kembali.

Setelah menunggu 21 bulan kemudian, di sela-sela kesibukan yang lain, akhirnya saya berhasil memenuhi desakan hati untuk datang dan melanjutkan eksplorasi alam Nusa Penida, yang selama ini terus menerus memanggil dari kejauhan.

Untuk mencapai pulau yang satu ini tidaklah sulit. Pertama kita harus terlebih dahulu datang ke Bali karena secara administratif Nusa Penida masih termasuk propinsi Bali, tepatnya di bawah kabupaten Klungkung. Menyeberangi Selat Badung menuju Nusa Penida kita hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam dengan menumpang speedboad dari Sanur. Ada beberapa operator speedboat, yang melayani penyeberangan ini dengan masing-masing 2 kali keberangkatan setiap hari. Kapal yang paling pagi adalah pukul 7.30 dan yang paling sore adalah pukul 16.00, dengan tarif Rp 75.000 per penumpang. Jadwal keberangkatan kapal dari sisi Nusa Penida juga sama dengan tarif yang sama.

cara boarding seperti ini tanpa dermaga, lebih baik memakai celana pendek

Tiba di Nusa Penida, sebaiknya jangan anda harap mendapatkan transportasi umum seperti bis atau taksi karena memang belum tersedia. Namun anda tidak perlu khawatir karena di sana anda bisa temukan jasa penyewaan sepeda motor, ojek motor ataupun mobil.

Untuk akomodasi, di sekitar pantai tempat speedboat menurunkan penumpang ada beberapa guesthouse maupun homestay. Untuk trip kali ini saya menginap di Nusa Penida Guesthouse dekat Kutampi Beach dengan tarif Rp150.000 per kamar dengan fasilitas kamar mandi dalam, kipas angin dan tanpa breakfast, bisa untuk 2 orang.

Guesthouse ini berarsitektur khas Bali, dengan ukiran-ukiran kayu yang cantik di seluruh pintu dan jendela, dan sebuah bale bengong buat santai di sudut taman, benar-benar membuat kita bisa merasakan kehidupan orang lokal. Hanya sedikit sayang, guesthouse ini memiliki 2 kamar saja sehingga daya tampungnya terbatas. Akan tetapi dalam beberapa bulan ke depan sebuah penginapan baru dengan nama Maemae Beach House akan segera diresmikan dan letaknya hanya beberapa langkah dari Nusa penida Guesthouse. Beach house ini berada persis di depan Kutampi Beach, dengan view sunset yang indah, dan penginapan ini merupakan pengembangan dari Nusa Penida Guesthouse. Untuk keperluan transportasi dan guesthouse, anda bisa hubungi bro Agus/Bagus Erawan di nusapenidabali@yahoo.com

Kutampi Beach

Selama saya di sana, memang sulit menemukan restoran, namun warung-warung makan banyak bertebaran di sekitar pasar. Maemae Beach House konon akan dilengkapi juga dengan café dan restoran, mudah-mudahan pada kunjungan berikutnya tidak perlu lagi harus keliling sana sini untuk mencari makanan.

Nasi campur

Meskipun demikian semua kendala yang anda temukan di pulau ini tidak akan berarti apa- apa, setelah anda menyaksikan kedahsyatan dan keindahan alam di atas pulau ini. Berikut adalah daftar tempat-tempat yang wajib anda kunjungi, di Nusa Penida :

• Atuh Beach

• Crystal Bay Beach
  • Manta Point
  • Pura Goa Giri Putri
Tidak semua tempat di atas akan saya ulas di sini, namun saya berani memastikan anda bisa menyaksikan secara visual lewat foto-foto yang akan saya sematkan pada tulisan ini.

Atuh Beach
Pantai satu ini, lebih cocok disebut Hidden Beach, karena letaknya tersembunyi di antara tebing-tebing. Bahkan anda juga bisa menyebutnya Private Beach karena letaknya yang terpencil, tersembunyi dan masih sangat sepi. Untuk mencapai pantai ini kita membutuhkan extra effort, dari tempat terakhir kendaraan yang kita tumpangi harus berhenti kita masih harus trekking sekitar 30 menit, menuju punggung tebing, lalu menuruni tangga beton menuju pantai.

Tangga beton ini terlihat masih baru, konon dibangun oleh umat hindu yang biasanya datang untuk beribadah di Pura yang letaknya berada di belakang pantai. Dengan adanya sarana tangga beton membuat perjalanan menjadi lebih mudah. Ketika saya datang ke sini untuk pertama kali, tidak ada tangga. Untuk mencapai bibir pantai saat itu, kami harus bersusah payah menuruni tebing yang curam, sudah pasti penuh dengan tantangan karena selain medannya sulit, kemiringan tebing diperkirakan mencapai 90 derajat. Sekitar 1 meter sebelum mencapai pantai kami harus lompat dari tebing.

sebelum dibangun tangga beton

Tetapi saya yakin anda pasti setuju dengan saya bahwa semua upaya ini layak diperjuangkan setelah melihat foto-foto di bawah ini.

High heels stone

Atuh Beach memiliki view yang sangat berbeda ketika air laut pasang dan surut. Keduanya sama-sama amazing. Bahkan anda bisa membawa tenda dan bermalam di sini, sambil menikmati sunrise dari atas tebing keesokan paginya. Tentu anda wajib membawa bekal yang cukup dan menjaga kelestarian alam di sekitarnya. Jika anda tidak bermaksud camping di pantai namun tetap berharap bisa menyaksikan sunrise dari atas tebing, anda harus berangkat dari penginapan pada pukul 4.30 pagi, dan jangan lupa membawa senter atau headlamp karena keadaannya masih sangat gelap saat trekking menuju atas tebing.

Abah Stone
Jika Atuh Beach kita harus menuruni tebing, batu Abah cukup kita nikmati dari atas tebing. Tidak ada jalan menuju pantai di bawahnya, karena tebingnya berdiri tegak lurus dan terlalu curam. Saat anda mengambil foto dari atas pun, pastikan posisi anda tidak terlalu ke pinggir, karena akibatnya tentu akan sangat fatal jika terjatuh ke bawah.
Ketika melihat view ini, saya langsung teringat akan pemandangan Twelve Apostles di Great Ocean Road di Australia. Tidak sama persis tentunya tetapi ada kemiripan dan ada perasaan mendalam yang mengaitkan keduanya ketika saya melihatnya untuk pertama kali.

Abah Stone letaknya di sisi kanan pantai Atuh. Begitu anda trekking hingga bagian atas tebing, view ini yang akan anda temukan pertama kali sebelum melanjutkan trekking ke arah kiri dan menuruni tebing menuju pantai Atuh. Pastikan anda juga meneruskan perjalanan ke sisi kanan untuk mendapatkan pemandangan lain yang juga sangat menakjubkan.

Karang Dawa/ Paluang
Karang ini sangat keren. Jika kita melihat dari sisi kanan atas, sekilas batu ini terlihat mirip seekor anak ikan paus. Karang Dawa sendiri adalah nama desanya, sedangkan Paluang adalah nama Pura, yang letaknya tidak jauh dari lokasi batu ini. Jadi untuk batu ini sebenarnya belum ada nama secara resmi.

Broken Beach/Pasih Huug
Broken beach/Pasih Huug adalah sebuah Pantai yang terkurung di dasar sebuah tebing yang membentuk lingkaran mirip sebuah sumur raksasa. Di salah satu bagian dari dindingnya ada sebuah lobang besar yang menghubungkan bagian dalam rongga besar ini dengan laut di sisi luarnya, sehingga air laut masuk ke dalam dan menyerupai pantai yang terkurung di dasar sebuah sumur raksasa.
Pasih_Huug dalam bahasa lokal artinya pantai yang rusak. Jadi nama broken beach/Pasih Huug sebenarnya tidaklah terlalu tepat untuk disematkan pada tempat yang begitu indah seperti ini.

Jika mengambil foto dari pantai yang berada di dasar lobang raksasa ini, pasti hasilnya akan sangat luar biasa indahnya. Sayang masih tidak ada akses untuk bisa turun ke pantai. Akses satu-satunya hanya bisa lewat lobang yang menghubungkannya dengan laut, namun tarikan ombaknya lumayan besar. Mungkin lebih aman untuk diakses saat air laut sedang surut.

Di sisi yang ada lobang, sekilas melihat tempat itu juga mirip sebuah jembatan, jembatan karang, jembatan alami.

jembatan karang alami

Angel's Billabong
Rasanya tidak berlebihan, orang yang pertama kali memberi nama ini untuk tempat yang begitu indah seperti ini. Kolam-kolam alami tersusun secara artistik, dengan warna biru tosca serta dikelilingi karang berwarna hijau kuning keemasan, diapit oleh kedua sisi dinding karang yang kokoh, dan membentuk sebuah lorong yang berkelok, sungguh luar biasa indahnya.

turun lewat dinding karang yang tajam, perlu ekstra hati-hati

Air yang mengisi kolam-kolam itu adalah air laut yang terjebak ketika air laut pasang. Meski ini sangat indah, namun tetap menyimpan bahaya yang sangat mengancam terlebih pada saat gelombang air pasang atau ombak yang tinggi. Karena tempatnya menyerupai sebuah lorong, sehingga ombak yang menghantam karang dan masuk ke dalam lorong ini akan segera tersedot kembali ke laut. Jadi saran saya, tanya pada orang lokal kapan air laut pasang dan pastikan anda tidak sia-sia melakukan perjalanan jauh ke sana.

Guyangan Spring water
Mata air yang letaknya jauh di bawah kaki tebing Guyangan ini memiliki pemandangan samudera Hindia, yang sangat takjub. Gulungan ombak samudera yang melambung tinggi lalu menabrak karang-karang di bawah kaki tebing ini mengeluarkan bunyi dentuman secara terus menerus. Pemandangan ini bisa kita saksikan setiap detik.

Sementara itu, suara gemericik mata air yang mengalir keluar dari tebing seakan tidak pernah peduli akan intimidasi suara tembakan ombak itu. Bahkan tetap setia terus mengalir dari sela-sela batu hingga ke laut dan menyatu dengan air samudera. Inilah keindahan dan kerukunan alam.

Tindakan ini jangan ditiru

Terdapat sebuah kolam kecil di bawah kaki tebing, namun perlu kewaspadaan saat berada di bawah sana karena terjangan ombak sesekali bisa mencapai tempat itu. Ingat jangan membawa kamera ke bagian bawah kecuali kamera yang waterproof.

( Photo by Agus/Bagus Erawan )
Untuk mencapai mata air Guyangan, kita harus menuruni 765 buah anak tangga yang terpasang di tebing. Bisa anda bayangkan bagaimana sulitnya pendakian saat naik kembali ke atas. Ketika tiba di atas, saya langsung merasakan ke dua tungkai saya lemas, benar-benar sangat menguras energi. Namun semua kendala ini terasa tidak ada artinya, jika dibandingkan dengan alam yang begitu indah.

Pulau ini memang sangat kaya akan alam atau pemandangan yang spektakuler. Saya yakin masih banyak tempat fantastik yang menunggu kita untuk ditemukan bersama. Berikut ini adalah foto-foto untuk beberapa spot yang tidak sempat saya jelajahi, pada perjalanan kali ini.

Crystal Bay Beach (Foto: Agus/Bagus Erawan)

Manta Point (Foto: Agus/Bagus Erawan)

Pura Goa Giri Putri ( Foto: Agus/Bagus Erawan)

Suwenhan Beach (Foto : Agus/Bagus Erawan)

Singkat kata Bali bagi kebanyakan orang memang sudah sangat mainstream, tetapi Nusa Penida sangatlah menantang. Datang dan buktikan sendiri, terlebih anda adalah seorang petualang dan, atau seorang fotografer.

Berikut ini adalah video yang diambil saat kami berada di Billabong Angels. Jamin setelah menontonnya anda tidak bisa lagi menunggu sedetikpun untuk mencari tiket dan merencanakan eksplorasi anda segera. Video ini karya teman saya Agus/Bagus Erawan, putera Nusa Penida yang selama ini giat mempromosikan Nusa Penida kepada dunia, secara swadaya.

End

Guangzhou Part 1

Guangzhou Part 2

1. Terima kasih utk sharing pengalamannya:) Ada beberapa yg mau sy tanyakan :
    Sebaiknya utk explore tempat2 spt diatas perlu waktu berapa hari? dan utk mencapai tempat2 itu transportasinya memakai ojek motor atau bagaimana ?
    Kapal dari Nusa Penida ke Sanur ada berapa kali sehari, dan jam berapa ?

1. Maria,
      thanks sudah membaca. 2 hari cukup dengan syarat perginya kapal pertama dan baliknya kapal terakhir besok sorenya.

Sewa sepeda motor Rp 150.000 per hari. Ojek motor Rp 350.000 per hari. Mobil Rp 700.000 per hari tapi bisa share jika kamu berdua atau berempat. Saya saran lebih baik dan lebih nyaman sewa mobil aja karena kebanyakan adalah jalan menanjak.

2. Kapal dari Sanur maupun Nusa penida dijalankan oleh 3 perusahaan. masing2 perusahaan ada 2 kali keberangkatan yaitu jam 7.30 pagi dan jam 3 sore.

3. Halo maas, saya mau tanya, untuk rental mobil seharga 700rb itu apa sudah termasuk bensin dan supir?
      Terima kasih. :)

4. Ya bener 700rb itu sudah termasuk bensin, supir dan guiding ke spot yang kita inginkan. Nego saja dan make clear dari awal berapa orang dan ke spot mana saja. Masalahnya baru kemaren ini teman saya berdua awalnya dikasih tarif 600rb, begitu ketemu 2 teman yang lain dan mendadak bergabung pas di sana, pemilik mobil minta tambahan 200rb.

Kemudian dalam perjalanan, teman saya meminta mampir ke spot yang lain, selesai trip ditagih lagi 200rb. Jadi saran saya make clear di awal supaya tidak merasa dirugikan, maklum wisata di tempat ini baru mulai, belum semaju Bali, give them chance to learn

Saya juga mendapat info bahwa di Penida Garden yang sekarang dikelola oleh orangg ukraina, mereka bisa arrange mobil dengan tarif 450rb per hari tapi dibatasin untuk spot-spot wilayah timur aja atau barat aja, pilih salah satu, tidak bisa timur dan barat dalam hari yang sama.

5. Terima kasih banyak mas untuk infonya :)

2. Untuk menginap diguest house spt yg disebut diatas, bisa menghubungi siapa ?

1. untuk keperluan guesthouse dan transport bisa menghubungi sdr Agus. Nomor pribadinya nanti saya inbox ya, karena gak baik saya share di sini tanpa izin. Terima kasih.

3. Infonya sangat membantu sy yg minggu dpn akan ke Nusa Penida.
    Thank you!

1. Semoga bermanfaat ya Hanna, enjoy your trip.

2. Semoga bermanfaat ya Hanna, enjoy your trip.

4. Kalo boleh tau, brp hari Bro John di Nusa Penida?

1. Saya di sana 2 hari 1 malam. Saya naik boat yang jam 8 pagi dan kembali dengan boat yang jam 3 sore.

2. Saya di sana 2 hari 1 malam. Saya naik boat yang jam 8 pagi dan kembali dengan boat yang jam 3 sore.

3. kalo boleh tau mas bro untuk sewa motor disana bagai mana yA😀

4. Sewa motor Rp 150.000 per hari, sedangkan ojek motor Rp350.000.

5. klo qta pergi sendiri tampa guide kira2 tempat wisata ny mudah di temui gak ya mas.

6. Tidak semua orang lokal tahu tempat wisata ini, sehingga butuh waktu untuk bertanya-tanya dan mencari. Jika punya waktu yang cukup harusnya tidak menjadi masalah.

7. Boleh tau gak mas... itenarary utk 2 hr itu bgm?.. saya jg rencana mau kesana 2 hr 1 mlm.. brgkali bs nyontek spy pemanfaatan wkt nya maksimal :)

8. hi Nilotpala,

Ini itinerary singkat buat 2D1N di Nusa penida untuk beberapa spot utama. semoga bermanfaat.

Day 1
      -Dari Sanur naik Semayaone Boat yang jam 8 pagi menuju Nusa Penida

-Tiba di Nusa Penida sekitar jam 9
      -Cek in penginapan di Kutampi beach.
      -explore Guyangan Spring water.
      -lanjut explore ke Paluang/ karang dawa
      -broken beach atau pasih uug tempat angel's billabong.
      -sunset di chrystal bay atau kutampi beach.

Day 2.
      - subuh bangun jam 4.00, start dari penginapan pukul 4.30 menuju pantai Atuh.

- menikmati sunrise di atas tebing
      - turun ke pantai atuh
      - foto-foto di atas tebing sepanjang jalan arah kembali ke parkiran mobil.

- kembali ke penginapan, makan siang dan packing.
      - naik semayaone yang jam 3 sore kembali ke Sanur

Guyangan dan pantai Atuh sebaiknya jangan diarrange di hari yang sama karena kedua spot ini sama-sama menguras energi.

5. fotonya keren2 mas! thanks buat infonya karna saya juga berencana ke nusa penida november besok

1. Thanks sudah membaca, saya baru saja kembali dari Nusa Penida, pemandangan di musim kemarau juga sangat fantastis. Ini tulisannya http://johntravelonearth.blogspot.co.id/2015/10/musim-gugur-di-nusa-penida.html

6. permisi mas, apakah mas agus juga bisa menyediakan transport boat buat mengantar k spot2 snorkling ? boleh minta cp nya ga ? brootf@gmail.com

1. Bisa mas, bro Agus juga bisa melayani transport boat untuk manta point dan snorkling. No HPnya nanti saya kirim via email. Ini catper baru tentang Nusa Penida, semoga bermanfaat. http://johntravelonearth.blogspot.co.id/2015/10/musim-gugur-di-nusa-penida.html

7. Halo mas, terima kasih review nya membantu sekali. Saya mau tanya, saya berencana melakukan one day trip di Nusa Penida. Dengan tujuan Broken Beach, Angel's Billabong, Karang Dawa, dan Abah Stone. Apakah mungkin dilakukan dalam 1 hari. Karena saya kurang tau jarak dan posisi tempat-tempat tersebut. Dan apakah ada reverensi untuk orang yg bisa arrange one day trip saya dari port sampai di nusa penida. Terima kasih banyak.

1. Dear Desvianto,
      Thanks sudah membaca. One day trip terlalu singkat karena jika anda ambil kapal jam 8 pagi, tiba di Nusa Penida sekitar jam 9. dan kembali ke Sanur dengan kapal paling sore yaitu pukul 15, berarti paling telat jam 14. 30 sudah harus di dermaga.

Di Nusa Penida spotnya jauh-jauh jaraknya. Broken Beach, Angel's Billabong itu berada di kawasan yang sama, anda bisa gabungkan dengan Karang Dawa karena jaraknya tidak jauh. Namun Abah Stone dan pantai Atuh itu berada di sisi yang berbeda dan jaraknya jauh dari broken beach. Mungkin anda terpaksa harus memilih salah satu.

Coba anda menghubungi sdr Agus dari Maemae Beach House di 08174794176. Mungkin dia bisa membantu, siapa tahu ada tamu lain yang bisa join transport.

Postingan ini juga tentang Nusa Penida, semoga menginspirasi.

8. Mas, reviewnya sangat membantu.
    Sudah lama saya tertarik untuk ke Nusa Penida. Awal dec saya ada rencana kesana.
    Boleh minta kontak untuk akomodasinya ke ronald.moogen@gmail.com?
    Btw, motor bya mahal juga ya 150 rb per hari. Kalau 2 hari disana sekitar 300 rb.
    Oya, di sanur nya gmn ya mas? Kalau kita mau menginap di nusa penida, apakah motor boleh menginap di pelabuhan situ?
    Trims.
    Ronald.

9. Ulasan tentang Nusa Penida nya Kereeennnn om John. Thanks

10. mantap ulasannya,,, kalo butuh sewa motor atau booking mobil untuk menikmati wisata nusa penida bisa hub. 085238548692

11. Halo Pak...mau tanya kalau guyangan water spring ini lokasinya dimananya ya? Saya cari di google maps belum ada :D

1. hi miss_nidy

Guyangan Spring itu berada di bagian selatan Nusa Penida, desa Batukandik.

12. Keren om ulasannya! Oh ya yang mau saya tanya untuk ke spot yang om kunjungi, petunjuk jalannya jelas gak om? trus untuk sewa motor, berapa om rata2 perhari? sama satu lagi, ada gak homestay yang tarifnya murah sekitar 100rb atau bahkan di bawah 100rb? Makasih om!

1. Hi Ari,
      Beberapa spot ada petunjuk menuju lokasi, tetapi sifatnya masih sekadarnya aka tidak permanen.

Sewa motor antara 100-150rb per hari. Dan homestay yang murah sekitaran 100rb harusnya ada, trip pertama saya ke sana saya menginep di guesthouse dgn tarif 150rb per kamar dan bisa untuk berdua. Jadi menurut saya homestay harusnya bisa lebih murah.

Semoga bermanfaat ya informasi di atas, selamat menjelajah.

2. makasih mat buat infonya, oh ya satu lagi, kira-kira pantai yang camping able apa aja ya mas?

3. Pantai Atuh bagus tuh buat camping, bisa menyaksikan sunrise dan sunset dari atas bukit, keren. Saran saya bekal yang dibawa hrs bener2 cukup karena lokasinya jauh dari pemukiman warga dan sangat sepi.

13. Thanks for sharing mas, foto2 dan review nya baguss bgt. Aku ada niat mau kesana bulan depan (Agustus). Aku mau tanya kalo disana signal provider yg bagus apa ya? Dan kalo mau ke Angel's billabong sebaiknya pagi atau sore ? Dan ada gak spot yg bagus buat liat sunset?
    Terima kasih sebelumnya ya mas :)

1. Hi Nova,
      Signal bagus dari provider Indosat, yang kedua Telkomsel.

Saya 2 kali ke Angel's Billabong, pertama kali sekitar jam 5 sore air surut tapi buat foto cahaya kurang bagus, trip berikutnya jam 1 siang tapi air belum benar-benar surut jadi agak bahaya untuk turun. Jadi perkiraan saya waktu yang paling tepat adalah sekitar pukul 3 sore.

Spot sunset yang bagus itu di Crystal Bay.

Semoga informasi ini membantu.

Salam menjelajah/John

14. Hi Bang John,

Mohon info untuk lokasi2 wisata disana, apakah mudah dicari dengan menggunakan GPS? karena rencana hanya sewa motor bawa sendiri keliling Penida, apakah medan nya berbahaya sekali?

1. Hi Dihanda,

Saya 3 kali ke sana, 2 kali membawa team 1 kali bersama 2 turis Jerman tetapi semuanya menggunakan guide lokal. Namun saya melihat hampir semua lokasi wisata bisa ditemukan di google map seharusnya menggunakan GPS tidak masalah.

Medan tidak berbahaya asal kita taat beberapa hal sebagai berikut:

1. Tidak berdiri terlalu ke pinggir saat berada di atas tebing karena kondisi alamnya masih natural dan tidak dipagarin.

2. Tidak turun ke Angel's Billabong saat air laut belum benar-benar surut.

3. Hati-hati dengan hantaman ombak saat turun ke laguna di kaki tebing dekat Guyangan Spring water.

Semoga informasi ini bermanfaat, salam menjelajah.

John.

15. Halo.. saya dewa dari bukatokomu.com
    Saya menawarkan jasa pembuatan website travel dengan biaya terjangkau
    Info dan harga dapat di cek diwebsite saya disini :

Terimakasih

16. Halo mas. Bgus sekali infonya. Mas saya mau tanya kalau ke nusa penida tanpa guide lokal apakah bisa? Lalu disana apakah bisa snorkeling atau hanya mengunjungi tempatnya saja?? Terima kasih

1. Hi Dyah Lukita,
      Maaf baru kembali dari Papua, untuk mengeksplor Nusa Penida bisa tanpa guide hanya anda mungkin akan menghabiskan waktu lebih lama untuk mencari petunjuk jalan dan bertanya-tanya. Namun saya tidak menyarankan perempuan mengeksplor tempat-tempat itu seorang diri karena letaknya sangat terpencil, jauh dari pemukiman dan jalan menuju lokasi agak sepi.

Untuk snorkeling dan manta point, anda harus menyewa kapal lagi dan sepertinya spot-spot snorkeling di sini tidak terlalu spesial dan bukan merupakan highlightnya Nusa Penida.

Semoga informasi ini berguna

Salam menjelajah
      John

17. Let's Explore Nusa Penida
    Paket Wisata ke Nusa Penida, Hemat dan Bersahabat
    Kami adalah tour yang menyediakan segala kebutuhan berlibur ke Pulau Nusa Penida dan memanjakan mata anda dengan berbagai objek wisata indah di pulau ini.