Friday, August 22, 2014

Summer Rain, Melbourne & Great Ocean Road ( Part 2 )

Keesokannya kami berangkat pagi-pagi ke Great Ocean Road, sekitar 3 jam perjalanan dari kota Melbourne. Beruntung cuaca cukup cerah di sana. Dari namanya saja anda sudah bisa menebak kalau jalan ini dibangun tepat berada di sepanjang tepi pantai yang menghadap langsung ke samudra. Panjangnya sekitar 243 km terbentang dari Tourquay hingga sebuah kota kecil dekat Warrnambool dan dibangun pada tahun 1919-1932. Di sepanjang Great Ocean Road ini kami berhenti di beberapa titik, untuk berfoto, bermain dan menikmati udara yang segar. Berikut ini adalah nama tempat-tempat yang kami kunjungi, di antaranya Bell Beach, rainforest , Apollo Bay, Twelve Apostles, Loch Ard Gorge, dan London Bridge. Sangat bersyukur Tuhan memberikan kami bonus pada hari ini, sehingga kami boleh menikmati pemandangan yang indah, langit biru, udara segar dan sinar matahari. Meskipun intensitas cahayanya terbilang cukup kuat namun tidak sampai kepanasan.

Bell Beach

Rainforest

Apollo Bay

Twelve Apostles, berupa 12 buah batu karang yang berjejer di tepi pantai. Secara keseluruhan lokasi inilah yang paling indah di sepanjang Great Ocean Road dan memang sangat layak untuk dikunjungi. Ombak putih yang saling berkejaran, bermain di sekeliling batu lalu menyapu bibir pantai adalah sebuah momen yang sangat indah sekali. Namun sangat disayangkan kita hanya bisa menyaksikan dari atas tebing. Tidak ada akses untuk turun ke pantai, kecuali di Loch Ard Gorge. Sama halnya dengan Twelve Apostles, London Bridge juga hanya bisa dilihat dari viewer point yang tersedia di pinggir tebing. Hanya di Twelve Apostles kita bisa mengelilingi dan menyaksikan dari udara dengan jasa sewa helikopter, tentu dengan biaya yang tidak murah.

Twelve Apostles

London Bridge

Loch & Ard Gorge

Hari ke-3 kami bangun jam 4 subuh. Dengan backpack yang sudah siap dari semalam, kami segera turun ke Lobby untuk check out. Star Bus yang melayani rute airport ternyata baru dimulai pukul 5 pagi, sebenarnya kami masih keburu tetapi ternyata harus booking dulu sehari sebelumnya. Kami terpaksa minta dicarikan Taxi untuk membawa kami ke Southern Cross Station untuk menyambung Sky Bus. Namun Taxi drivernya menawarkan kami untuk langsung menuju ke Airport karena setelah dihitung-hitung dengan taxi hanya beda AUD2, kecuali anda sendirian bedanya bisa sekitar AUD20, dan jika anda naik taxi ke Airport lebih baik anda pastikan dulu airport mana yang harus kamu tuju, karena di Melbourne ada 2 airport yakni di Tullamarine dan Avalon. ( Leaving for next destinaton, Sydney )