Thursday, October 2, 2014

Fremantle, Western Australia Part 3



Fremantle adalah sebuah kota pelabuhan, letaknya berada di pantai barat Australia tepatnya di mulut Swan River, sekitar 19 km barat daya kota Perth. Konon tempat ini merupakan wilayah yang paling pertama kali ditaklukkan oleh Inggris tahun 1829 pada masa koloni Swan River di sisi barat benua itu, dan sekaligus merupakan pintu masuk dari sisi barat. Nama Fremantle diambil dari nama sang kapten Charles Howe Fremantle dan baru dideklarasikan sebagai sebuah kota seratus tahun kemudian yakni pada tahun 1929. 

Kota yang berpenduduk hanya 25.000 jiwa ini terbilang sangat istimewa dan menarik dengan penataan kota yang rapi serta suasana yang menyenangkan, baik di setiap sudut kota maupun di sekitar pantai dan pelabuhan. Banyak peninggalan bangunan tua abad ke 19 yang masih terpelihara dengan baik bisa ditemukan di sini, di antaranya ada Fremantle Prison, Round House serta gereja-gereja tua. Jika kita berkunjung kemari di akhir pekan ( Jumat, Sabtu dan Minggu ), banyak dijumpai pertunjukan kesenian jalanan yang bisa kita nikmati dan saksikan di sini. Termasuk Fremantle Market, sebuah pasar tradisional yang hanya beroperasi di akhir pekan.

Fremantle Post Office

pusat perdagangan

Gereja

Gereja

Fremantle Prison

Bagian luar Round House

Bagian dalam Round House

Street Performance

Performance

Fremantle Market

Inside the market

inside the market

inside the market
Sebagai kota Pelabuhan, Fremantle juga kaya dengan hasil laut dengan bertebaran sejumlah restoran makanan seafood yang berlokasi di sekitar area pantai dan pelabuhan. Sajian yang paling favorit yang tidak boleh dilewatkan tentu adalah Fish N Chips, yang sangat terkenal di kota ini. CafĂ© juga mudah ditemukan di mana-mana. Datang dan duduk santai ditemani secangkir kopi hitam tanpa gula, di tengah-tengah suasana santai yang sangat menyenangkan ini, hmm… tentu ini adalah hal yang mampu membuat siapa saja mengingat kembali tempat ini, dan saya yakin ini bukan momen yang selalu bisa anda temukan di kota lain.

Cicerellos Fish & Chips








Untuk mencapai kota ini sangat mudah dan ekonomis. Ada jalur kereta api yang melayani dari Perth station dan berakhir di Fremantle station dengan biaya AUD4 sekali jalan, dan waktu yang ditempuh kurang dari 30 menit. Untuk kembali ke Perth, tentu dengan menumpang kereta yang sama. Kereta pertama dari Perth station berangkat pada pukul 05.15.

Fremantle juga merupakan pelabuhan untuk ferry dengan tujuan Rottnest Island. Bagi yang ingin berwisata ke Rottnest Island, terlebih dahulu harus menuju kota Fremantle. Rottnest Island juga sangat keren, cerita tentang pulau ini akan saya bagikan pada tulisan- tulisan berikutnya.

Yang paling saya sukai dari Fremantle adalah udaranya yang bersih, langitnya yang sangat biru dan untuk mengelilingi kota ini kita tidak memerlukan kendaraan, semuanya dapat dilakukan dengan berjalan kaki, menyusuri setiap sudut di mana anda merasa tertarik.









(......bersambung : ulasan tentang Rottnest Island )


Araluen Botanic Park :
http://johntravelonearth.blogspot.com/2014/09/araluen-western-australia-part-1.html

Pinnacles Desert :
http://johntravelonearth.blogspot.com/2014/09/pinnacles-desert-western-australia-part.html

Kings Park
http://johntravelonearth.blogspot.com/2014/11/kings-park-perth-western-australia-part.html

Perth City
http://johntravelonearth.blogspot.com/2014/11/perth-city-western-australia-part-6.html


    


No comments:

Post a Comment